Minggu, 26 April 2009

Knowing - film tentang kiamat?


Nonton film "knowing" setelah seminggu menjalani ujian akhir trimester II merupakan moment yang tepat. Meskipun semuanya tak direncanakan. Aku hanya berpikir, pokoknya jumat sehabis ujian langsung nonton apapun filmnya. Eh, ternyata ada film yang ceritanya merupakan jenis film favoritku. Belum nonton sudah seneng duluan.


Langsung ke filmnya aja, ya...
Garis besar ceritanya adalah begini. Pada tahun 1959 disebuah SD di Massachusetts dilakukan penguburan kapsul waktu yang didalamnya berisi amplop yang memuat gambar tentang bayangan 50 tahun ke depan dari murid SD tersebut. Namun Lucinda Embry yang merupakan murid paling menyedihkan kondisinya, mendengar suara-suara aneh sepanjang hari itu dan menuliskannya ke dalam kertas yang ternyata berisi angka-angka acak yang aneh.


Singkat cerita pada tahun 2009, saatnya untuk membuka kapsul waktu dan murid-murid SD tersebut (masa kini) berebut untuk mendapatkan satu amplop. Dan Caleb anak dari profesor John Koestler yang kebagian amplop dari Lucinda yang berisi tulisan tersebut.

Secara kebetulan juga John mencurigai tulisan acak tersebut dan menulis ulang di white board dan berkat batuan google, ia menemukan misteri angka-angka itu yang merupakan rangkaian dari tanggal kejadian bencana, jumlah korban dan lokasi bencana yang merupakan letak astronomis berupa garis lintang dan bujurnya.

Semua kejadian bencana itu sudah terjadi dalam masa lima puluh tahun tersebut hanya tinggal 3 bencana yang salah satunya adalah badai matahari yang akan menghancurkan separuh permukaan bumi yang pada saat kejadian langsung berhadapan dengan matahari.

Pesan tentang ketidakberdayaan
Seberapapun usaha John untuk mengantisipasi 3 bencana tersisa, ia tak bisa melawan takdir dan peristiwa itu tetap terjadi dengan korban yang sama persis denga yang dituliskan. Hingga akhir cerita bahwa "kiamat" itu benar-benar terjadi membakar seluruh permukaan bumi dan hanya orang-orang yang terpilih saja yang diselamatkan dan akan menjalani kehidupan dari awal lagi.

Siapa orang yang terpilih itu?

Meskipun pada awalnya film ini terkesan absurb dan dipas-paskan tapi pesannya jelas sekali bahwa kita tak bisa melawan takdir. Kita hanya diberi peringatan dan yang meyakinilah yang akan lebih pasrah menjalaninya.

Tidak seperti film-film hollywood sebelumnya tentang bencana, contohnya Armagedon (1999), Volcano, Dante's Peak dll yang berakhir tentang keperkasaan Amerika dalam menaklukkan alam dan merupakan sebuah kemenangan, di film ini diperlihatkan bagaimana ketidak berdayaan negeri adi daya tersebut.

Kondisi cerita seperti ini tentu akan menimbulkan gejolak berbeda bagi orang yang tidak percaya bahkan menyepelekan Tuhan dibandingkan dengan orang yang percaya. Jadi semuanya tergantung kita bagaimana menyikapi tentang sebuah peristiwa alam.

Kembali ke "selera asal....."
Karena tipe film seperti ini merupakan film favoritku jadi dengan semangat kutulis disini dan tetap jadi renungan dengan mengambil segala sisi positif.
So....inilah awal liburan akhir semesterku yang menyenangkan. Bagi yang belum nonton...apakah Anda tertarik? Dan yang sudah nonton, bagaimana pendapat Anda?
*******$$$$$*******
Judul film: Knowing
Pemain: Nicholas Cage, Rose Byrne, Chandler Canterbury, Lara Robinson, Ben Mendelsohn
Sutradara: Alex Proyas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda adalah semangat saya untuk menulis
Silahkan......